Home » » Pameran Dagang: Strategi Promosi Penjualan Bagi Pelaku UKM

Pameran Dagang: Strategi Promosi Penjualan Bagi Pelaku UKM

Posted by Stand Desain Indonesia on Monday, December 28, 2015

Salah satu strategi promosi penjualan yang banyak digunakan para tim marketing dan pengusaha untuk meningkatkan penjualan produk mereka yaitu salah satunya dengan mengikuti pameran. Pameran dagang merupakan sarana promosi produk dan kesempatan berkumpulnya para pelaku usaha dan calon konsumen yang sangat potensial.


Saat ini makin banyak diadakan pameran, baik dari pemerintah, swasta maupun organisasi masyarakat, menjamurnya event pameran memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usaha kecil. Kebanyakan pelaku Usaha Kecil Menengah mengalami kesulitan dalam mempromosikan dan memasarkan produknya, selain itu ketatnya persaingan bisnis juga memaksa mereka untuk mempromosikan bisnisnya ke pasar. Dengan adanya pameran, para pelaku UKM dapat melakukan promosi produk mereka langsung dalama momen yang tepat.

Saat ini kegiatan pameran sering diadakan oleh perusahaan event organizer maupun perusahaan exhibition contractor, ini ada untung dan ruginya. Keuntungan adanya pameran yaitu para pelaku Usaha Kecil Menengah terfasilitasi untuk mempromosikan produknya, tapi ruginya karena tidak semua pameran ramai dikunjungi calon konsumen yang potensial. Oleh karena itu Anda harus selektif dalam mengikuti pameran, pastikan sesuai dengan tema produk Anda. Sebelum mengikuti sebuah pameran, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Carilah informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.

Cek terlebih dahulu mengenai jumlah pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir yang diadakan organisasi tersebut. Hindari pameran yang jumlah kunjungannya cenderung sedikit. Selain itu sebagai bahan pertimbangan, Anda juga bisa melihat testimoni dari para peserta pameran sebelumnya.

Berapa banyak stand pameran yang ditawarkan dan berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengikuti pameran, mintalah kepastian dari penyelenggara pameran mengenai jumlah stand dan desain stand yang diperbolehkan.

Tanyakan sarana pendukung pameran, jangan mengiyakan sebuah pameran jika Anda belum mengetahui tentang sarana promosi yang diberikan selama pameran berlangsung. Perhitungkan juga antara biaya yang Anda keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik jangan mengambil pameran tersebut.

Strategi promosi melalui pameran, dapat Anda coba untuk memasarkan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Dengan mengikuti pameran yang sesuai dengan kebutuhan sebuah bisnis , akan sangat membantu pemasaran bisnis tersebut.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga sedikit informasi promosi penjualan ini dapat bermanfaat, Sukses selalu


stand desain

1 comments:

  1. Terimakasih untuk informasinya ya min, bermanfaat.
    Oh ya sekedar info nih. Bagi yang membutuhkan Strategi Jitu Mempromosikan Event bisa mampir baca artikel kita. Semoga bermanfaat.

    Salam blogger min.

    ReplyDelete

exhibition design. Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}