Home » , , , , » Klasifikasi Pameran Seni Rupa (Tipe, Karakter,Tempo, dan Struktur Pameran) – Bagian 1

Klasifikasi Pameran Seni Rupa (Tipe, Karakter,Tempo, dan Struktur Pameran) – Bagian 1

Posted by Stand Desain Indonesia on Sunday, January 3, 2016


desain stand pameran
Suatu pameran merupakan ruang besar wahana untuk menvisualkan gagasan, memanajemen berbagai aspek dan merepresentasikan objek dan teks dalam visual dan masif, telah dijadikan alat ampuh yang digunakan dan dilakukan oleh seniman, maupun pelaku pemasaran sebagai ajang promosi produk. Sebagai upaya meningkatkan citra atas pameran, selanjutnya akan masuk pula pada berbagai pemikiran mengenai tujuan-tujuan, kecenderungan, keciri-khasan dan karakter, maupun ketepatan waktu, dan struktur lokasi pameran. Menentukan jenis pameran dalam hal ini termasuk dalam proses perencanaan proyek, maka sebelum masuk dalam rencana dan strategi teknis alangkah baiknya seniman dan tim pelaksana berdiskusi tentang jenis pameran yang akan digelar. Ingat, bahwa pemilihan jenis pameran akan berefek pada kebijakan praktis dan politis yang memberi banyak peluang dan hambatan dalam langkah–langkah berikutnya.

Penentuan jenis pameran semacam ini berfungsi untuk memfasilitasi pikiran antara penggagas pameran kepada pelaksana pameran, serta sangat bergantung pada kemampuan pikiran, kekuatan finansial, dan sumber daya manusia yang tersedia. Pemilihan jenis pameran akan sangat efektif jika disertai dulu dengan menganalisis kemampuan-kemampuan yang dimiliki, dan jangan terpengaruh pada konsep dan angan-angan yang terlalu muluk dan tidak rasional, namun tanpa kekuatan modal yang baik dan sehat. Berpikirlah sewajarnya, namun beri aksentuasi pemikiran yang lebih tajam dan berkarakter pada konsep pameran (exhibition design) yang akan diselenggarakan atau kuratorial serta perwujudan karya yang dikerjakan dengan sempurna dan menarik. Pameran yang besar dan utama bukan hanya pada megah, mewah dan ramainya pengunjung atau penjualan karya semata, namun juga mengarah pada konsep dan kurasi yang menarik dapat memberi perbedaan yang esensial dibanding pameran-pameran lain dan sebelumnya.

Beberapa hal yang menarik tentang jenis-jenis pameran dibahas dengan membaginya dalam beberapa tipe, karakter, tempo, dan struktur lokasi pameran.

Tipe Pameran
  1. Tipe pameran atau gaya pameran dengan pendekatan estetik (sebut saja tipe estetik), merupakan pameran yang berkonsentrasi pada pandangan bahwa objek memiliki nilai intrinsik yang dengan sendirinya berbicara untuk dirinya sendiri. Penekanan diberikan kepada hak dari objek untuk berdiri sendiri. Menurut Hans Jorg Furst dalam suatu esainya, art exhibition do not intend to provide information on the objects’s cultural background but to present the object’s aesthetic qualities (pameran seni tidak bermaksud untuk menyediakan informasi tentang latar belakang budaya objek, tetapi merepresentasikan kualitas estetik dari objek itu sendiri

  2. Tipe pameran atau gaya pameran dengan pendekatan rekonstruktif (sebut saja tipe rekonstruktif), adalah suatu pendekatan yang menghadirkan objek sebagai suatu yang memiliki arti secara etnografi dan berusaha untuk menginformasikan budaya latarnya.Sedang beberapa tipe perhelatan/pameran berdasarkan tujuannya, yaitu sebagai berikut: Fundraising, Apresiasi, Festival/Pesta
Karakter pameran di bawah ini merupakan karakter (sifat - sifat) pameran yang disebabkan oleh beberapa alasan:
  1. Menurut Jumlah Peserta (Tunggal & Bersama).
  2. Menurut Jenis Kelompok.
  3. Menurut Waktu/ Berkala (annual, bienial, trienial).
  4. Menurut Jenis Karya (Bahan, Alat, Teknik, Gaya, Konsep, Aliran, Media).
  5. Menurut Ruang (Formal - Nonformal, Nyata - Ilusif).
  6. Menurut Tempat (Indoor dan Outdoor) 
  7. Menurut Pelaku (Seniman dan non-seniman)
  8. Menurut Peta Kepentingan. Peta kepentingan lebih berbicara pada persoalan klasifikasi tipe tujuan (seperti pada poin A), misalnya terdiri dari kepentingan ekonomi (promosi/ profit & non-profit), edukasi, politik, sosial - budaya. 
  9. Menurut Peta Sejarah (Retrospeksi & Koleksi)
  10. Menurut Peta Geografis. 
  11. Menurut Hasil Penelitian.  
Artikel selanjutnya pada bagian 2 klasifikasi pameran seni rupa


stand desain

0 comments:

Post a Comment

exhibition design. Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}