Jenis promosi atau promosional mix menurut William J. Stanton dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:349) adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjulan. Definisi tersebut tidak menyebutkan secara jelas beberapa variabel promotion mix selain periklanan dan personal selling. Kedua definisi tersebut pada pokoknya sama meskipun titik beratnya berbeda. Definisi pertama lebih menitik beratkan pada pendorongan permintaan. Sedangkan definisi kedua lebih menitik beratkan pada penciptaan pertukaran. Pertukaran akan terjadi karena adanya permintaan dan penawaran, dengan adanya permintaan akan mendorong terciptanya pertukaran. Jadi promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran dan sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Dengan promosi menyebabkan orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli suatu produk akan menjadi tertarik dan mencoba produk sehingga konsumen melakukan pembelian.
Jenis promosi atau promosional mix menurut William J. Stanton dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:349) adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjulan. Definisi tersebut tidak menyebutkan secara jelas beberapa variabel promotion mix selain periklanan dan personal selling. Dalam mengelola suatu sistem komunikasi pemasaran memerlukan suatu rancangan strategi dan program-program penjualan yang efektif dan efisien. Promosi penjualan merupakan unsur kunci dalam kampanye perusahaan dan promosi produk yang paling baik adalah promosi yan dilakukan oleh pelanggan yang puas. Dengan demikian, promosi perlu ditangani secara cermat karena masalahnya bukan hanya menyangkut pada bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan akan tetapi juga menyangkut seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk biaya ini yang tentunya harus disesuaikan pada kondisi dan kemampuan perusahan.
Promosi penjualan adalah suatu bentuk promosi terhadap suatu produk yang dijajakan atau dipasarkan dengan cara komunikasi dalam berbagai bentuk. Media promosi penjualan itu sendiri bisa berbagai macam sarana promosi, misalkan promosi melalui media iklan / periklanan, penjualan pribadi, yang bertujuan untuk membawa konsumen membeli barang atau jasa dengan harga yang spesial atau dengan memberikan insentif agar konsumen membeli dengan segera.
Promosi penjualan yang ada pada artikel peluang usaha hari ini hanya memberikan tips yang mungkin berguna untuk Anda dalam memasarkan produk yang efektif, bukan promosi penjualan menurut para ahli, hehe. Terlebih dulu apa sih arti promosi itu sendiri ? arti promosi secara umum mungkin lebih kepada mengenalkan produk dan jasa kepada konsumen agar lebih mengenal produk dan jasa baik yang masih baru atau produk yang telah lama ada agar lebih meningkatkan kepercayaan terhadap suatu merk tertentu, sedangkan tujuan dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan produk, barang, dan jasa dengan kata lain meningkatkan keuntungan.
Cara promosi penjualan dengan cara mengadakan pameran di suatu event tertentu bisa juga adakan event sendiri, agar promosi penjualan lebih efektif perhatikan momen-momen yang bertepatan pada suatu acara, misal produk sepeda motor yang ingin meng-kampanyekan penghematan bensin, jika pemerintah sedang menggalakkan hemat BBM seperti sekarang ini Anda bisa memanfaatkannya dengan produk yang tepat, yakni sepeda motor terbaru dengan konsumsi BBM 1 liter/100 kilo jarak tempuh.
Promosi penjualan jika produk Anda Fashion, baju batik, pulsa elektrik, handphone dan banyak lagi usaha-usaha lain-nya, bisa mengkreasikan cara promosi untuk produk Anda agar lebih dikenal lagi dan terus intens dengan tetap penuh rasa semangat, tetapi juga jangan lupa berilah selalu setiap informasi akan manfaat-manfaat, atau keunggulan atas produk dan jasa Anda kepada masyarakat.
0 comments:
Post a Comment